Senin, 10 Juni 2019

PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010 MENU DAN FUNGSI MENU


PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010 MENU DAN FUNGSI


A.   Pengertian Ms.Excel
Microsoft Excel adalah salah satu dari sekian banyak Program Aplikasi yang terdapat dalam paket aplikasi perkantoran Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan angka.Jadi jika di dalam komputer Anda sudah Terinstal Office Word atau powerpoint, maka kemungkinan besar Office Excel juga sudah bisa Anda gunakan.Apabila anda bekerja dalam hal pengolahan angka maka aplikasi excel inilah yang tepat untuk anda gunakan. Namun, tentu tidak hanya itu saja sebab Excel memiliki banyak fitur dan fungsi yang juga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lainnya.
B.   Fungsi.
A.    Bisa untuk menyelesaikan berbagai urusan administratif.
B.     Membuat grafik
C.     Memanajemen data
D.    Bisa menggunakan fungsi matematis
E.     Bisa menggunakan fungsi logika untuk menyelesaikan masalah.

Setelah membahas pengertian, perkembangan dan fungsi dari microsoft excel, sekarang saya akan membahas mengenai elemen-elemen dari microsoft excel beserta fungsinya.

1.     Lembar kerja Microsoft Excel.

Saat kalian membuka microsoft excel 2010, kalian pasti akan dibawa ke lembar kerja seperti yang ada dibawah ini.

a. Quick access toolbar, letaknya berada dikiri atas. Quick access toolbar ini mewakili perintah-perintah tertentu yang biasanya sering digunakan 
                                        
b. Tab baris, berisi sekumpulan tab seperti, file, home, insert, formula dan lain sebagainya. 
                                                                                                                               
c. Size button, untuk mengatur tampilan lembar kerja excel
                                          
d. Name box, merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.
                                           
e. Formula bar, tempat untuk menuliskan rumus
                                                                 
f. Kolom, baris lajur yang berisi abjad A sampai VI.
                                                                 
g. Baris, berisi angka 1 sampai 65536 
                                                                       
h. Scroll bar, digunakan untuk menggulung dokumen ke atas ke bawah atau ke kiri ke kanan.
i.  Tombol navigasi sheet, digunakan untuk berpindah sheet 
                                               
j.  Status bar, baris yang berisi keterangan tentang lembar kerja yang sedang digunakan
        
k. Zoom, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran lembar kerja dalam layar.

            2. Tab Home

            a. Number, submenu number terdiri dari ikon yang seperti dibawah ini;

1). General, tombol pengaturan secara umum. 
                                                                            
2). Curency, format mata uang. 
                                                                                       
3). Percent, format persen
                                                                                                       
4). Comma, pemberian tanda koma pada data. 
                                                           
5). Decrease decimal, mengurang angka desimal.
                                                                 
6). Increase decimal, menambahkan angka desimal.

            b. Styles, submenu styles terdiri dari beberapa ikon dibawah ini;

1). Conditional formatting, pembuatan format yang sesuai dengan keinginan
                    
2). Format as table, pembuatan tabel dengan format yang disediakan
                          
3). Cell style, pembuatan penampilan sel.

            c.  Cell, submenu cell terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;

1). Insert, menyisipkan sel 
                                                                                                    
2). Delete, menghapus sel 
                                                                                              
3). Format, pengaturan penampilan sel.

             3. Tab Insert

 tab ini digunakan untuk memasukkan intruksi-intruksi kedalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, model-model grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut;                                   
                                                                                           
1. Picture untuk menisipkan gambar 
                                                                                     
2. Clip art menyisipkan clip art   
                                                                                      
3. Shape menyisipkan gambar standar dari komputer  
                                                           
4. Smart art menyisipkan gambar praktis 
                                                                                 
5.Chart membuat grafik 
                                                                                              
6.Text digunakan untuk text box, menyisipkan header dan footer.

            4. Menu Page Layout

1.Themes digunakan untuk tema pewarnaan tata letak dan efek huruf
 
2.Page setup digunakan memgatur batas tepi kertas
3.Scale to fit mengatur lebar tinggi
4.Sheet option memunculkan garis bantu
5.Arrange mengatur tata letak gambar

            5. Formula 

Digunakan untuk memasukkan rumus ( fungsi logika,fungsi teks,format keuangan, tanggan dan waktu.

            6. Menu Data

Digunaka untuk memasukkan data eksternal atau memprefsh data pada bagian Sort and Filter digunakan untuk mengurutkan data dan menyaring data.

            7. Tab View

digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor, serta pengaturan jendela lembar kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar